Peruntukan
yang kurang tepat membuat bias pada fungsi alat peraga. Contohnya alat peraga
permainan phytagoras. Secara kurang pas, alat ini telah beralih fungsi untuk
melatih problem solving memindahkan potongan-potongan triplek dari pada unuk
menunjukkan mengapa kontruksi potongan tersebut dapat menunjukkan bukti teorema
phytagoras. Bila demikian halnya, maka alat ini hanya cocok untuk alat SD (
tidak jauh berbeda dengan penggunaan alat permainan puzzle). Sementara untuk
siswa SMP apalagi SMA, bila peruntukannya sebatas itu maka merupakan suatu kemubaziran saja.
Seharusnya kontruksi alat tersebut dipergunakan untuk menggali prinsip
pembuktian ini. Karena itu pula membuat potongan-potongan menjadi kurang
relevan, untuk itu cukup dengan peraga yang menyajikan gambar kontruksi
potongan-potongan persegi pada segitiga siku-siku. Itu merupakan satu contoh
saja, masih banyak contoh lain yang dapat ditemui dalam kasus seperti ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar