Jumat, 30 Desember 2016

Alat Peraga Matematika Yang Tidak Diperuntukan Pada Fungsinya


Peruntukan yang kurang tepat membuat bias pada fungsi alat peraga. Contohnya alat peraga permainan phytagoras. Secara kurang pas, alat ini telah beralih fungsi untuk melatih problem solving memindahkan potongan-potongan triplek dari pada unuk menunjukkan mengapa kontruksi potongan tersebut dapat menunjukkan bukti teorema phytagoras. Bila demikian halnya, maka alat ini hanya cocok untuk alat SD ( tidak jauh berbeda dengan penggunaan alat permainan puzzle). Sementara untuk siswa SMP apalagi SMA, bila peruntukannya sebatas itu  maka merupakan suatu kemubaziran saja. Seharusnya kontruksi alat tersebut dipergunakan untuk menggali prinsip pembuktian ini. Karena itu pula membuat potongan-potongan menjadi kurang relevan, untuk itu cukup dengan peraga yang menyajikan gambar kontruksi potongan-potongan persegi pada segitiga siku-siku. Itu merupakan satu contoh saja, masih banyak contoh lain yang dapat ditemui dalam kasus seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar