Teori belajar Vygotsky penekanannya pada sosio kultural dalam
pembelajaran. Siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya, lingkungan sosial
merupakan faktor yang sangat penting dan bergantung pada interaksi terhadap
orang-orang disekitarnya. Pengetahuan, pemikiran, sikap dan tata nilai yang
dimiliki oleh siswa akan berkembang melalui proses interaksi. Proses interaksi
dan negosiasi sangat menjembatani proses pengkonstruksian pengetahuan siswa.
Interaksi
mempunyai peranan penting dalam meningkatkan pengembangan konsep siswa sebagai
proses internalisasi kegiatan belajar. Vygotsky mengemukakan bahwa peranan
interaksi sosial dalam pembelajaran memberikan gambaran pengaruh fenomena
sosial terhadap proses pembelajaran itu sendiri.
Menurut
Vygotsky, belajar merupakan suatu perkembangan pengertian. Vygotsky membedakan
adanya dua pengertian perkembangan, yang bersifat spontan dan ilmiah.
Pengertian spontan adalah pengertian yang didapat dari pengalaman siswa
sehari-hari. Pengertian spontan ini tidak dapat didefinisikan prosesnya dan
terangkai secara sistematis logis. Pengertian ilmiah adalah pengertian formal
yang didapat dari kelas. Pengertian ilmiah merupakan pengertian formal yang
didefinisikan secara logis dalam sistem yang lebih luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar