Jumat, 30 Desember 2016

Teori Belajar Vygotsky


Teori belajar Vygotsky  penekanannya pada sosio kultural dalam pembelajaran. Siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya, lingkungan sosial merupakan faktor yang sangat penting dan bergantung pada interaksi terhadap orang-orang disekitarnya. Pengetahuan, pemikiran, sikap dan tata nilai yang dimiliki oleh siswa akan berkembang melalui proses interaksi. Proses interaksi dan negosiasi sangat menjembatani proses pengkonstruksian pengetahuan siswa.
            Interaksi mempunyai peranan penting dalam meningkatkan pengembangan konsep siswa sebagai proses internalisasi kegiatan belajar. Vygotsky mengemukakan bahwa peranan interaksi sosial dalam pembelajaran memberikan gambaran pengaruh fenomena sosial terhadap proses pembelajaran itu sendiri.
            Menurut Vygotsky, belajar merupakan suatu perkembangan pengertian. Vygotsky membedakan adanya dua pengertian perkembangan, yang bersifat spontan dan ilmiah. Pengertian spontan adalah pengertian yang didapat dari pengalaman siswa sehari-hari. Pengertian spontan ini tidak dapat didefinisikan prosesnya dan terangkai secara sistematis logis. Pengertian ilmiah adalah pengertian formal yang didapat dari kelas. Pengertian ilmiah merupakan pengertian formal yang didefinisikan secara logis dalam sistem yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar