Jumat, 30 Desember 2016

Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional Indonesia


Pasti sebagai orang Indonesia kita tahu bahwa filsafat pendidikan nasional Indonesia adalah Pancasila. Jadi filsafat pendidikan nasional Indonesia sama dan sebangun dengan filsafat pendidikan nasional Pancasila. Filsafat pendidikan nasional pancasila berarti penggunaan pemikiran filosofis yang dalam hal ini Pancasila dijadikan sebagai dasar atau pandangan  dalam praktik dan pemecahan masalah pendidikan.
            Pancasila sebagai filsafat atau pandangan hidup bangsa Indonesia mengandung konsep dasar  berupa nilai-nilai mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia, terkandung pikiran-pikiran yang terdalam dan gagasan bangsa Indonesia mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik.
            Jadi, filsafat pendidikan nasional Indonesia atau Pancasila adalah suatu teori dan praktek pelaksanaan pendidikan yang didasari dan dijiwai oleh falsafah hidup bangsa (Pancasila) yang diabdikan kepada kepentingan dan cita-cita nasional bangsa Indonesia. Dengan demikian nilai-nilai Pancasila menentukan corak dan watak pendidikan nasional Indonesia. Jadi, dengan singkat dapat disimpulkan bahwa dasar dan tujuan pendidikan nasional Indonesia adalah Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar