Jumat, 30 Desember 2016

Media Pembelajaran


Istilah media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Makna ini pada umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran.
            Banyak ahli yang memberikan batasan tentang media pembelajaran. AECT (American Educatonal Communication Technology) misalnya, mengatakan bahwa media pebelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan. Gagne, mengartikan media sebagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka untuk belajar.  Bagaimana hubungan media pembelajaran dengan media pendidikan?
            Media pendidikan, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada hakikatnya media pendidikan juga merupakan media komunikasi, karena proses pendidikan juga merupakan proses komunikasi. Apabila kita bandingkan dengan media  pembelajaran, maka media pendidikan sifatnya lebih umum, sebagaimana pengertian pendidikan itu sendiri. Sedangkan media pembelajaran sifatnya lebih khusus, maksudnya media pembelajaran yang secara khusus digunakan untuk mencapau tujuan belajar tertentu yang telah dirumuskan secara khusus pula. Tidak semua media pendidikan adalah media pembelajaran, tetapi semua media pembelajaran pasti termasuk media pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar