Sabtu, 31 Desember 2016

Meningkatkan Mutu Pendidikan


Mutu pendidikan akan meningkat apabila proses belajar mengajar berjalan secara optimal. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan optimal maka perlu diperhatikan lima faktor.
            Pertama, Tujuan Pendidikan, baik tujuan institusional, tujuan kurikuler, maupun tujuan pengajaran hendaknya dirumuskan secara jelas dan tepat sesuai dengan tujuan akhir dan kompetensi yang akan dicapai.
            Kedua, materi pelajaran yang berwujud pengetahuan hendaknya sesuaiai dengan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan dan kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya. Isi materi pelajaran hendaknya dibuat sedemikian rupa supaya siswa menemukan sesuatu. Organisasi materi hendaknya memberi kesempatan pada siswa untuk menganalisis, membuat kesimpulan, mengerjakan sesuatu hingga  pengetahuan benar-benar dipahami
            Ketiga, metode penyampaian materi pelajaran yang digunakan hendaknya lebih dari satu macam dan disesuaikan dengan tujuan pengajaran, materi pengajaran, suasana kelas, jumlah siswa serta waktu dan tempat. Penggunaan metode yang bervariasi dapat memungkinkan siswa untuk berdiskusi, berlatih, berfikir ilmiah dan dapat menemukan sesuatu sendiri, belajar bekerja sama, dan lainnya.
            Keempat, perlu diperhatikan kemampuan yang telah dimiliki anak (entering behavior). Pemilihan materi pelajaran, pemilihan metode pengajaran  hendaknya disesuaikan dengan pengetahuan yang dimiliki anak, umur, kemampuan dan latar belakang sosial anak.
            Kelima, adanya fasilitas dan perlengkapan yang memadai sehingga dapat mendukung terjadinya proses belajar mengajar yang optimal. Ruangan kelas yang fleksibel, sehingga dapat diatur untuk belajar klasikal, kelompok maupun perseorangan. Selain itu perlu ada buku-buku dan media pendidikan yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar