Selasa, 27 Desember 2016

Visi dan Misi Untirta


Setiap perguruan tinggi pasti memiliki visi dan misinya tersendiri berdasarkan  apa yang ingin dicapai pada kehidupan universitas masing-masing. Menurut penulis, Visi merupakan semacam target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu dalam sebuah lembaga atau instansi, organisasi, kelompok dan bahkan individu sekalipun. Sedangkan Misi adalah upaya-upaya untuk mewujudkan target yang termuat di dalam visi tersebut. Berikut ini merupakan visi dan misi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa:
1.                  Visi:     Terwujudnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang Maju,                                  Bermutu, Berkarakter dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan                                     Tahun 2025.
2.                  Misi:    1) Meningkatkan kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan.
                        2) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian                          kepada  masyarakat yang inovativ berbasis kebutuhan nyata.
                        3) Meningkatkan daya dukung tatakelola perguruan tinggi yang                              baik (good  university governance)
            Di dalam visi Untirta di atas terdapat kata “maju”, “maju” menurut penulis seharusnya merupakan keadaan dimana semua orang dipermudah dalam memperoleh sesuatu, mengakses sesuatu, dll. Jadi Untirta bisa dibilang maju ketika semua warga Untirta telah dipermudah dalam mengakses informasi, dipermudah mendapatkan izin- izin tertentu yang berkaitan dengan kegiatan akademik maupun dalam suatu organisasi, serta dipermudah dalam mendapatkan hak-haknya sebagai mahasiswa, dan lain sebagainya. Selain itu terdapat juga kata “Bermutu” dan “Berkarakter” dalam visi Rektor Untirta Periode 2015-2019. Menurut penulis, Untirta akan bermutu dan Berkarakter ketika semua warga Untirta sudah bisa menanamkan rasa “malu” di dalam dirinya masing-masing. Jika aspek-aspek tersebut telah terpenuhi maka aspek-aspek lainnya seperti daya saing pendidikan, kualitas perguruan tinggi, dan lain-lainnya otomatis akan meningkat pula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar