Jumat, 30 Desember 2016

Pengetahuan Filsafat


Filsafat adalah sebuah ilmu. Tetapi ilmu yang seperti apa? Menurut Plato (427-347 SM) filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dari segala bidang. Menurut penulis sendiri,  pengetahuan filsafat dapat berarti pengetahuan tentang bagaimana seseorang mencari kebenaran tentang segala hal dengan berfikir. Perlu diketahui juga bahwa pengetahuan filsafat sangat banyak jenisnya, ada filsafat islam, filsafat pendidikan, dan lain sebagainya.
      Dalam bahasa filsafat, asas mendasar dalam pemeriksaan filsafat dibagi menjadi tiga, yaitu:
a.      Objek. Setiap pembicaraan filsafat tentulah memiliki objek yang dibicarakan. Contohnya seperti sebuah permasalahan mendasar.
b.      Epistemologi. Setiap pembicaraan filsafat memiliki cara-cara dalam membentuk pembicaraan itu menjadi suatu pandangan. Pandangan juga disebut dengan konsep. Epistemologi akan berusaha mencari tahu bagaimana objek-objek itu disusun melalui teknik-teknik tertentu. Unsur epistimologi adalah persepsi, nalar umum dan intuisi.
c.       Metafisika. Setiap pembicaraan dalam filsafat memiliki landasan-landasan yang dijadikan titik tolak untuk membangun konsep. Landasan ini biasanya berupa asumsi-asumsi yang merangkum segala-galanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar