Sabtu, 31 Desember 2016

Makna Hari Pendidikan Nasional


            Indonesia sudah merdeka sejak 1945, namun kita masih bisa melihat bahwa Indonesia belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak, kita semua tahu sekolah-sekolah pedalaman, sekolah perbatasan dan sekolah yang dananya dijadikan bahan korupsi bagi pihak yang tidak bertanggung jawab. Fakta maraknya tawuran antar pelajar dan demonstrasi mahasiswa yang didominasi oleh tindak kekerasan, kecurangan saat UN, dan rendahnya akhlak generasi yang ditunjukkan dengan maraknya seks bebas tidak bisa kita pungkiri.

            Melihat fakta rusaknya generasi saat ini, tidak salah jika banyak pihak yang mengandalkan sektor pendidikan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Alasannya adalah karena pendidikan yang mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ini dan pendidikan merupakan pilar peradaban tempat lahirnya generasi penerus bangsa  yang cerdas, beradab, berbudaya dan berkualitas.
           
            Maka dari itu Hari Pendidikan Nasional adalah momentun bagi seluruh lapisan yang memperhatikan pendidikan untuk memperjuangkan pendidikan yang layak bagi bangsa indonesia, mari kita lawan dan berantas korupsi di dunia pendidikan dan di tanah air kita, karena hal tersebut hanya akan meperbodoh bangsa ini dan bertentangan dengan kemauan UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hari Pendidikan Nasional juga seharusnya bisa menjadi momen refleksi bagi Bangsa Indonesia untuk menemukan cara bagaimana memperbaiki kualitas generasi bangsa ini. Ditambah lagi, Indonesia memiliki berbagai potensi yang seharusnya mampu melahirkan generasi cemerlang. Dengan demikian, mampu membuat Indonesia menjadi sebuah negara yang bisa dipandang dengan terhormat oleh negara lain, yakni negara maju yang mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Hari Pendidikan Nasional semestinya diperingati tidak hanya sebagai upaya mengenang seorang Ki Hajar Dewantoro semata dengan mengadakan upacara bendera sebagai simbol belaka tanpa memahami makna penting pendidikan yang sesungguhnya, tapi lebih luas lagi kepada seluruh elemen yang mendukung kemajuan suatu bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar