Sabtu, 31 Desember 2016

Pendekatan Algoritma Dalam Problem Solving


Algoritma adalah suatu metode yang akan selalu menghasilkan solusi bagi suatu masalah. Systematic Random Search (pencarian acak sistematis) adalah sebuah contoh algoritma  dimana kita mencoba semua jawaban yang mungkin dengan menggunakan sisitem yang spesifik.
            Newel dan Simon (1972) mengamati bahwa waktu yang digunakan untuk mencari jawaban suatu masalah sebanding dengan besarnya ruang lingkup masalah itu. Ruang lingkup masalah ialah semua solusi yang mungkin. Apabila si pemecah masalah tidak bisa menyadari adanya solusi lain terhadap suatu masalah, maka solusi tersebut tidak masuk ke dalam ruang masalah.
            Algoritma sering tidak efisien dan tidak praktis karena sangat menyita waktu. Suatu metode yang lebih praktis adalah heuristic, yaitu strategi pemecahan masalah yang hanya menguji bagian ruang lingkup masalah , tetapi tidak menjamin diperolehnya solusi. Ahli psikologi lebih tertarik melakukan penelitian tentang  heuristik dibanding algoritma. Alasannya karena algoritma tidak selalu eksis dalam masalah sehari-hari. Lagi pula orang lebih suka menggunakan heuristik, dan heuristik lebih banyak digunakan secara luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar