Jumat, 30 Desember 2016

Apakah Psikologi Sama dengan Ilmu Jiwa?


Psikologi bermula dari kata psyche yang berati jiwa dan Logos  yang berarti ilmu. Jadi psikologi merupakan ilmu jiwa. Tentang psikologi persis samakah dengan ilmu jiwa akan dibahas secara khusus. Menurut Gerungan, arti kedua kata tersebut tidak berbeda, tetapi kedua istilah itu ada perbedaannya, yakni:
1.      Ilmu jiwa merupakan istilah bahasa Indonesia yang telah dipakai sehari-hari  dan telah dikenal oleh setiap orang secara luas. Sedangkan psikologi itu merupakan suatu istilah ilmu pengetahuan (sains), sehingga Gerungan mempergunakan istilah itu untuk menunjukkan pengetahuan ilmu jiwa yang bercorak tertentu.
2.      Ilmu jiwa diucapkan dalam arti yang lebih luas dari pada istilah psikologi. Ilmu jiwa meliputi segala pemikiran, pengetahuan, tanggapan, fantasi atau khayalan dan spekulasi mengenai jiwa itu. Psikologi meliputi ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metode ilmiah yang memenuhi syarat seperti yang disepakati para ahli psikologi pada zaman sekarag ini. Istilah jiwa menunjukkan kepada ilmu jiwa pada umumnya, sedangkan istilah psikologi menunjukkan ilmu jiwa yang ilmiah menurut norma-norma ilmiah modern. Jadi jelas bahwa apa saja yang disebut ilmu jiwa itu belum tentu psikologi, tetapi psikologi itu senantisa juga ilmu jiwa.

1 komentar:

  1. trimakasih atas referensi ini, namun bisa ditambahkan lagi poin-poin secaara spesifik dari ilmu jiwa dan psikologi

    BalasHapus