Jumat, 30 Desember 2016

Apakah Pendidikan Nasional Itu?


Menurut Prof. Notonagoro, pendidikan nasional adalah suatu sistem pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh filsafat hidup suatu bangsa dan tujuannya bersifat mengabdi kepada kepentingan dan cita-cita nasional bangsa tersebut. Dasar atau landasan pendidikan nasional adalah pandangan hidup suatu bangsa. Pandangan hidup suatu bangsa merupakan filsafat bangsa itu. Filsafat adalah kristalisasi nilai-nilai yang menjadi acuan norma yang dianut oleh bangsa tersebut dan berdasarkan filsafat itulah bangsa ingin merealisasikan cita-citanya.
            Menurut Mohammad Noor syam, pendidikan nasional adalah pelaksanaan pendidikan suatu negara berdasarkan pada sosio-kultural, sosio-psikologis, sosiio-ekonomis dan sosio politis. Pusat orientasinya adalah demi eksistensi bangsa, cita-cita bangsa dan negara, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kepentingan nasional jangka pendek terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nasional dalam pembangunan negara dalam tiap kehidupan bangsa. Sedangkan kepentingan jangka panjang ialah demi eksistensi dan integritas nasional, demi regenerasi bangsa dan kepentingan nasional, untuk membina kepribadian bangsa yang tercermin dalam tata kehidupan sosial politik, filsafat negara dan kebudayaan.
            Jadi pendidikan nasional adalah teori dan praktek pendidikan suatu negara yang berdasarkan filsafat bangsa dan negara itu guna diabdikan kepada bangsa dan negara yang bersangkutan untuk merealisasikan cita-cita nasionalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar