Senin, 12 Desember 2016

Siapakah Immanuel Kant?


Immanuel Kant merupakan seorang filsuf besar kebangsaan Jerman yang lahir di Konigsberg pada 22 April 1724. Menurut sejarahnya, Kant memiliki kehidupan yang sederhana karena orang tuanya bermatapencaharian sebagai pengrajin (pembuat baju zirah) dan mengalami kebangkrutan saat perdagangan di Konigsberg mengalami kemerosotan pada tahun 1730-1740 sehingga kehidupan Kant menjadi lebih sulit. Ibu Kant (Anna Regina Kant) meninggal disaat umur Kant berusia 13 tahun sedangkan ayahnya (Johann George Kant) meninggal saat umur Kant hampir menginjak 22 tahun.
            Kant menempuh pendidikan dasar di Saint George’s Hospital School dan kemudian di usia 8 tahum melanjutkan ke sekolah Collegium Fredericianum. Pada tahun 1755-1740, Kant menempuh pendidikan di University of Konigsberg dan mempelajari tentang filosofi, ilmu alam dan matematika. Kemudian pada tahun 1775 Kant memperoleh gelar doktor dan sejak itu ia bekerja sebagai dosen di Universitas Konigsberg. Kant memperoleh gelar Profesor pada Maret 1770 sebagai Profesor logika dan metafisika. Immanuel Kant akhirnya meninggal pada 12 Februari 1804 di usianya yang hampir delapan puluh tahun.
            Immanuel Kant adalah seorang yang cerdas, kreatif dan salalu berpikir kritis. Hal tersebut bisa dilihat dari sumbangan pemikiran-pemikirannya seperti pemikiran tentang etika dan moralitas yang berpengaruh luas bagi dunia intelektual di seluruh dunia hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar