Sabtu, 31 Desember 2016

Menangani Permasalahan Sosial Siswa


Siswa yang tidak diterima oleh siswa lain dalam strukktur sosialnya di kelas matematika bisa menjadi pemalu dan tidak responsif di kelas, sementara siswa yang senang mencari perhatian akan menguasai banyak aktivitas yang mengganggu lingkungan belajar di kelas. Siswa yang tidak diterima atau diabaikan oleh siswa lain akan mendapat perhatian khusus dari guru. Guru harus berusaha melibatkan siswa-siswa tersebut pada diskusi kelas dengan mengajaknya berbicara, menanyainya beberapa pertanyaan, mendorongnya untuk memberikan tanggapan pada pernyataan siswa lain, dan mendorong siswa lain untuk menanggapi pernyataannya. Pastikan untuk selalu memberikan pengakuan terhadap publik atas apa yang telah dikerjakannya seperti mengerjakan PR dengan baik atau menulis paper ujian dengan baik. Suatu waktu guru dapat mendorong siswa-siswa yang pemalu secara sosial untuk menyelesaikan proyek yang dapat menarik perhatian siswa lain seperti membuat model matematika, menyelesaikan permasalahan logika, mengkonstruksikan sesuatu secara visual,dll. Banyak diantara siswa pendiam ini yang memiliki bakat, ketertarikan dan hobi khusus yang mana siswa lain mungkin ingin ikut terlibat. Guru harus berusaha membuat siswa-siswa ini merasa bahwa mereka juga memiliki tempat dalam struktur sosial di kelas.
            Untuk menjaga siswa yang over-aktif agar tidak mengganggu pelajaran matematika, mungkin perlu untuk berbicara dengannya secara khusus. Sewaktu-waktu mungkin guru dapat mengarahkan energi siswa-siswa ini kepada perhatian konstruktif- melakukan kegiatan seperti tugas matematika khusus  sehingga dapat merubahnya menjadi siswa yang lebih baik.
            Mungkin penting untuk mencarikan bantuan dari bimbingan konselling atau ahli jiwa untuk menangani siswa yang sangat tidak bisa menyesuaikan diri secara sosial. Siswa yang demikian butuh pemahaman dan bimbingan, serta tekanan memaksanya untuk menyesuaikan diri hanya akan memperburuk keadaan sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar