Jumat, 30 Desember 2016

Pendekatan Konstruktivisme Dalam Matematika


Paham konstruktivisme sudah banyak dikembangkan oleh berbagai ahli di dunia seperti Jean Piaget, Vygotsky, Glasserfield, Confrey, dan lain-lain. Jenis paham konstruktivisme pun bermacam-macam, ada konstruktivisme sosial, konstruktivisme radikal, konstruktivisme pengetahuan yang dikembangkan oleh Piaget, dan masih banyak lagi.
      Konsep pembelajaran konstruktivisme didasarkan pada kerja akademik para ahli psikologi dan peneliti yang peduli dengan konstruktivisme. Dari perspektif Konstruktivisme, belajar matematika bukanlah suatu proses pengumpulan pengetahuan, melainkan tentang mengorganisisr aktivitas, dimana kegiatan ini diinterpretasikan secara luas termasuk aktivitas dan berfikir konseptual.
            Dalam matematika, para ahli konstruktivis setuju bahwa belajar matematika melibatkan manipulasi aktif dari pemaknaan, bukan hanya bilangan dan rumus-rumus saja. Setiap tahap dari pembelajaran melibatkan suatu proses penelitian terhadap makna dan penyampaian keterampilan hafalan dengan cara yang tidak ada jaminan bahwa siswa akan menggunakan keterampilan intelegennya dalam setting matematika. Konstruktivisme telah memfokuskan secara eksklusif pada proses di mana siswa secara individual aktif membangun realitas matematika itu sendiri. Dalam hal ini, fokus utama belajar matematika adalah memberdayakan siswa untuk berfikir mengkonstruksi pengetahuan matematika yang pernah ditemukan oleh ahli-ahli sebelumnya. Konstruktivisme ini ada hubungannya dengan pengetahuan subjektif, untuk memahami tentang pengetahuan subjektif silakan baca pada postingan saya sebelumnya yang mengenai pengetahuan subjektif.
            Implementasi konstruktivisme dalam kelas matematika dapat diatur oleh Guru. Dalam pembelajaran matematika, Guru harus memahami perbedaan diantara siswa, melibatkan siswa secara fisik dalam proses belajar, meminta siswa untuk memvisualisasikan, dan lain sebagainya. peranan guru adalah mengarahkan siswa untuk membentuk pengetahuan matematika sehingga diperoleh struktur matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar