Pembelajaran
biasa adalah kegiatan belajar mengajar matematika yang dalam pelaksanaannya
guru masih mendominasi kegiatan belajar. Peranan guru masih sangat besar dan
siswa kurang bebas mengemukakan pendapat atau menyatakan gagasannya, atau
pembelajaran yang di dalam pelaksanaannya, guru masih mendominasi kegiatan
pembelajaran.
Pembelajaran matematika hingga kini
lebih didominasi oleh sistem pembelajaran secara biasa seperti ceramah dan
drill sehingga sulit menghadapi era masa depan yang serba tidak diketahui.
Pembelajaran biasa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Para siswa tidak mengetahui apa
tujuan mereka belajar pada hari itu
2. Guru biasanya mengajar dengan
berpedoman kepada buku, dengan mengutamakan metode ekspositori dan kadang-kadang
tanya jawab
3. Tes atau evaluasi biasanya bersifat
asumtif dengan maksud untuk mengetahui perkembangan atau performasi siswa
jarang dilakukan,
4. Siswa harus mengikuti cara belajar
yang dipilih oleh guru, dengan patuh mempelajari urutan yang ditetapkan dan
kurang sekali mendapat kesempatan untuk menyatakan pendapatnya. (Subiyanto,
1998:11)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar