Jumat, 30 Desember 2016

Pembelajaran Biasa Dalam Matematika


Pembelajaran biasa adalah kegiatan belajar mengajar matematika yang dalam pelaksanaannya guru masih mendominasi kegiatan belajar. Peranan guru masih sangat besar dan siswa kurang bebas mengemukakan pendapat atau menyatakan gagasannya, atau pembelajaran yang di dalam pelaksanaannya, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran.
            Pembelajaran matematika hingga kini lebih didominasi oleh sistem pembelajaran secara biasa seperti ceramah dan drill sehingga sulit menghadapi era masa depan yang serba tidak diketahui. Pembelajaran biasa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Para siswa tidak mengetahui apa tujuan mereka belajar pada hari itu
2.      Guru biasanya mengajar dengan berpedoman kepada buku, dengan mengutamakan metode ekspositori dan kadang-kadang tanya jawab
3.      Tes atau evaluasi biasanya bersifat asumtif dengan maksud untuk mengetahui perkembangan atau performasi siswa jarang dilakukan,
4.      Siswa harus mengikuti cara belajar yang dipilih oleh guru, dengan patuh mempelajari urutan yang ditetapkan dan kurang sekali mendapat kesempatan untuk menyatakan pendapatnya. (Subiyanto, 1998:11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar