Remaja
di sekolah menengah banyak dipengaruhi oleh interaksi sosialnya dengan orang
lain; pencarian mereka untuk diterima kelompoknya, berkali-kali memaksakan diri
dalam belajarnya di sekolah. Siswa yang tidak mendapatkan pengakuan dari siswa
lain dan tidak diterima sebagai bagian dari sebuah kelompok sosial di sekolah
cenderung menarik diri dari aktifitas kelas karena mereka tidak merasa nyaman
atau pantas untuk berada dalam struktur sosial di sekolah. Beberapa siswa bisa
menjadi disiplin dalam usahanya untuk mendapat perhatian guru dan siswa lain,
sementara yang lainnya buruk dalam matematika karena temannya juga bukan siswa
yang pintar matematika. Keinginan untuk berada di sautu kelompok sosial
tertentu dan bertingkah dengan gaya yang sama dengan siswa lain dapat
mempengaruhi tingkah laku siswa dalam belajar matematika dan performa mereka
dalam kelas matematika.
Siswa yang memiliki permasalahan
sosial mungkin berusaha memonopoli perhatian guru selama jam makan siang, waktu
senggang dengan tujuan untuk berteman dengan guru untuk mengganti kekurangan
pertemanannya. Siswa yang memilih tidak mengerjakan tugas rumah dan tidak
belajar selama ada test biasanya mencoba mengajak teman lain. Siswa yang
mencoba mengganggu kelas atau memonopoli diskusi kelas dan sesi laboratorium
mungkin mencoba untuk mengumpulkan perhatian dari siswa lain melalui aksi ini
dibandingkan melalui prestasi akademik. Siswa yang lain merasa banyak tekanan
sosial yang mendorong mereka untuk belajar, di sisi lain mental dan jiwa mereka
sehat. Umumnya, siswa yang berkepribadian sangat ekstrovert dan sangat
introvert dalam kelas matematika mungkin bereaksi pada tekanan sosial dari
siswa lain atau, pada beberapa kasus, dari orang tua mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar