Sabtu, 31 Desember 2016

Mengatasi Masalah Emosional Siswa


Siswa yang terganggu secara emosional dapat mengambil bimbingan konselling dan pendamping khusus di luar kelas, akan tetapi banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa yang memiliki masalah emosional. Karena banyak masalah emosional disebabkan oleh  stress, guru harus melindungi siswa dari tekanan-tekanan yang ada di kelas dan menyediakan aktivitas belajar yang menarik dan memuaskan bagi mereka. Masalah dan tekanan yang berkaitan dengan sekolah hanya akan meningkatkan gangguan emosional siswa, mungkin lebih baik mengijinkannya terlambat mengumpulkan tugas rumah  atau memulai test hanya ketika siswa tersebut siap. Jangan memaksa siswa untuk memberikan perhatian dalam belajar matematika ketika mereka sendiri sedang berusaha mengatasi masalah yang menyebabkan kesulitan emosionalnya.
            Siswa yang terganggu mungkin membutuhkan seseorang yang bisa diajak berdiskusi tentang masalahnya. Dalam banyak kasus mereka akan memilih guru faforit mereka, yang mungkin adalah anda, untuk membantu mengatasi stressnya. Guru bisa membantu siswa yang terganggu secara emosional dengan menjadi bersahabat, perhatian dan pengertian dengan mereka. Suatu waktu guru dapat membantu siswa yang terganggu dengan menjadi teman dan pembimbing untuk mereka. Kelas matematika yang santai, bersahabat dan kooperatif mungkin dibutuhkan oleh siswa yang terganggu agar  sementara dapat keluar dari masalah mereka  dengan melibatkan dirinya pada pembelajaran matematika yang menarik.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar