Siswa
yang terganggu secara emosional dapat mengambil bimbingan konselling dan pendamping
khusus di luar kelas, akan tetapi banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk
membantu siswa yang memiliki masalah emosional. Karena banyak masalah emosional
disebabkan oleh stress, guru harus
melindungi siswa dari tekanan-tekanan yang ada di kelas dan menyediakan
aktivitas belajar yang menarik dan memuaskan bagi mereka. Masalah dan tekanan
yang berkaitan dengan sekolah hanya akan meningkatkan gangguan emosional siswa,
mungkin lebih baik mengijinkannya terlambat mengumpulkan tugas rumah atau memulai test hanya ketika siswa tersebut
siap. Jangan memaksa siswa untuk memberikan perhatian dalam belajar matematika
ketika mereka sendiri sedang berusaha mengatasi masalah yang menyebabkan
kesulitan emosionalnya.
Siswa yang
terganggu mungkin membutuhkan seseorang yang bisa diajak berdiskusi tentang
masalahnya. Dalam banyak kasus mereka akan memilih guru faforit mereka, yang
mungkin adalah anda, untuk membantu mengatasi stressnya. Guru bisa membantu
siswa yang terganggu secara emosional dengan menjadi bersahabat, perhatian dan
pengertian dengan mereka. Suatu waktu guru dapat membantu siswa yang terganggu
dengan menjadi teman dan pembimbing untuk mereka. Kelas matematika yang santai,
bersahabat dan kooperatif mungkin dibutuhkan oleh siswa yang terganggu
agar sementara dapat keluar dari masalah
mereka dengan melibatkan dirinya pada
pembelajaran matematika yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar