Pengklasifikasian
alat peraga terlalu sederhana jika dibagi menurut fungsinya menanamkan konsep
dan menampilkan konsep saja. Lagipula, objek matematika tidak hanya konsep,
tetapi juga operasi. Untuk itu pengklasifikasian alat peraga diperluas lagi
berdasarkan aspek fungsionalnya secara lebih detail ke dalam 6 jenis berikut
penjelasan keenam jenis alat peraga tersebut.
1. Models (memodelkan suatu konsep)
Beberapa
alat peraga merupakan model atau bentuk fisik dari suatu konsep matematika,
khususnya konsep geometris. Sebagai objek matematika, konsep tersebut
sesungguhnya bersifat abstrak dan ideal karena muncul melalui proses abstraksi
dan idealisasi. Tetapi untuk membantu proses pembelajaran, perwujudan konkrit
dari konsep tersebut dapat menjadi alat peraga matematika. Contoh: model
bangun-bangun ruang baik yang transparan, padat maupun kerangka.
2. Bridge (menjembatani ke arah konsep)
Alat
peraga jenis ini memang bertujuan untuk menjembatani ke arah konsep dan bukan
merupakan wujud konkrit dari konsep matematika, tetapi hanya merupakan sebuah
cara yang dapat ditempuh untuk memperjelas pengertian suatu konsep matematika.
Contoh: lipatan kertas atau alat peraga kaca transparan menjembatani daerah
konsep pencerminan.
3. Skills Iketerampilan fakta, konsep
atau prinsip)
Beberapa
lat peraga dimaksudkan agar siswa lebih terampil dalam mengingat, memahami,
menggunakan sesuatu fakta, konsep, operasi atau prinsip matematika. Jenis alat
peraga ini biasanya berbentuk permainan ringan dan memiliki penyelesaian yang
rutin, bukan permainan yang kompleks.
4. Demonstration (demonstrasi konsep,
operasi atau prinsip matematika)
Sebuah
konsep matematika termasuk operasi dan prinsip matematika kadang kala dapat
dilihat secara jelas oleh suatu mekanisme teknis yang dapat dilihat atau dapat
disentuh. Walaupun alat peraga ini mendemonstrasikan suatu konsep matematika,
tetapi ia bukan merupakan model konkrit tersebut.
5. Aplication (aplikasi konsep)
Jenis
alat peraga ini tidak secara langsung tampak berkaitan dengan suatu konsep,
tetapi ia dibentuk dari konsep matematika tersebut. Jelasnya alat peraga jenis
ini tidak dimaksudkan untuk mendemonstrasikan suatu konsep tetapi sebagai
contoh penerapan atau aplikasi dari suatu konsep matematika.
6. Source (sumber masalah untuk
pemecahan masalah)
Sebagian
besar alat peraga berupa permainan merupakan contoh jenis alat peraga sources.
Alat peraga yang digolongkan dalam jenis ini adalah alat peraga yang menyajikan
suatu masalah yang tidak bersifat rutin atu trknis tetapi membutuhkan kemam
puan problem solving yang heuristik dan
bersifat incestigasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar